Khutbah terakhir Khalifah Umar bin Abdul Aziz rahimahulloh menjelang wafatnya: "Wahai manusia … Sesungguhnya kalian tidak diciptakan untuk bermain-main tanpa ada maksud … Dan kalian tidak dibiarkan hidup tanpa pertanggungjawaban … Dan sesungguhnya bagi kalian ada tempat kembali (padang mahsyar)… Allah yang Maha Suci lagi Maha Tinggi akan turun untuk menetapkan hukum dan mengadili kalian … Maka sungguh celaka dan merugi pada hari itu…orang yang luput dari kasih sayang (rahmat) Allah yang meliputi segala sesuatu… dan diharamkan baginya surga seluas langit dan bumi … "

Sabtu, 08 Agustus 2009

Tahsin Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran dengan suara yang enak didengar, tentu menjadi dambaan setiap muslim. Tapi untuk mencapainya, perlu latihan dan kesungguhan. Beberapa kunci tahsin al-Quran berikut ini dapat dipraktekkan secara otodidak:

Pelajaran 1 : Makhroj atau tempat keluarnya huruf. 

Yaitu menempatkan lidah dan bibir pada tempat yang semestinya. Makhroj yang benar sangat berpengaruh pada makna kata yang diucapkan. Latihan makhroj memerlukan kesabaran. Download terlebih dahulu file pdf, kemudian dengarkan file-file mp3 makhroj. Ikuti latihan-latihan yang diinstruksikan dalam file mp3:






Pelajaran 2: Bacaan Mad (memanjangkan bacaan)

Bacaan yang seharusnya panjang tapi tidak dibaca panjang, atau sebaiknya, bacaan pendek dibaca panjang menjadi bacaan kita tidak nyaman untuk dinikmati. Ikuti petunjuk-petunjuk bacaan mad di bawah:





Pelajaran 3: Hukum Nun Mati/Tanwin

Hukum bacaan ini sangat berperan dalam keindahan bacaan. Sungguh tidak enak didengar apabila bacaan yang harus di-ghunnah (ditahan) tapi tidak ditahan, atau sebaliknya. Meletakkan bibir dalam membaca iqlab, ikhfa dan idgham sangat menentukan keindahan bacaan. Ikuti petunjuk pada latihan-latihan di bawah ini:




Pelajaran 4: Kesalahan-kesalahan bacaan

Ini adalah rahasia, mengapa suara seorang imam menjadi merdu dan berirama. Ikuti arahan-arahan di bawah ini berkaitan dengan rahasia tahsin (keindahan) bacaan seorang qori.





Semoga bermanfaat,
TPA Nurul Alim

3 komentar:

misticuinmalang@gmail.com mengatakan...

Afwan aki, file "03Menahan Bacaan Yang Gunnah " TIDAK BIA DI DOWNLOAD mohon upload ulang kalau bisa ! Sukron....!

misticuinmalang@gmail.com mengatakan...

Afwan akhi file "
03MenahanBacaanYangGunnah
" TIDAK BISA DI DOWNLOAD

Jamil Alfasyah mengatakan...

asslamualaikum, afwan akhi file panduan PDFnya bisa di download dimana ya... jazakallah